Khazzanah Tour Travel : Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim Promo, Umroh Promo 19 juta

PT. GALIH TUNGGAL PERKASA
Khazzanah Tours Travel Umroh Haji Plus

0813 8057 0830


Jalan Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6 Pondok Kopi Duren Sawit Jak-Tim. 13460

Tata Cara Pelaksanaan Umroh Secara Singkat


Tata Cara Pelaksanaan Umroh secara singkat

Salah satu ibadah paling penting dan banyak diinginkan di kalangan umat Islam adalah Umroh. Ritual ini sebenarnya dapat dilakukan kapan saja, setiap bulan sepanjang tahun karena agama Islam tidak meletakkan batasan apapun terhadap pelaksanaan umroh selama orang tersebut bisa dan mampu untuk berangkat umroh, akan tetapi pemerintah Saudi mengeluarkan izin untuk umroh dilaksanakan beberapa bulan sebelum dan sesudah bulan haji, sehingga biro travel umroh mengikuti jadwal sesuai yang dikeluarkan pemerintah Saudi

Tata cara pelaksanaan umroh secara singkat

Setelah sampai di tanah suci sebelum memasuki miqot dan memakai pakaian ihram, sunnah untuk memotong kuku, dan mandi seperti mandi junub kemudian memakai wewangian. Kemudian mengenakan pakaian  ihram, tidak boleh mengenakan penutup kepala (untuk laki-laki), sepatu, kaus kaki, dan pakaian.

Kemudian niat untuk umroh dan mengucapkan “labbaik ‘umroh” (aku memenuhi panggilan-Mu untuk menunaikan ibadah umroh), dilanjutkan mengucapkan talbiyah :
“Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syariika laka labbaik. Innalhamda wan ni’mata, laka wal mulk, laa syariika lak” (Aku menjawab panggilan-Mu ya Allah, aku menjawab panggilan-Mu, aku menjawab panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu,  aku menjawab panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian, kenikmatan dan kekuasaan hanya milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu), sebanyak mungkin sampai tiba di Makkah.

Pada saat tiba di Makkah dan bila mendapat akomodasi dari biro travel umroh yang baik, sebelumnya  anda bisa meminta Info Biaya Umroh dari biro travel  anda, maka seseorang dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu sebelum masuk Mekkah.
Ketika memasuki area Masjidil haram, dahulukan masuk dengan kaki kanan dan membaca doa memasuki masjid, jika masuk waktu shalat sudah dekat lakukan Thawaf setelah shalat dan shalat dilakukan tanpa penutup kepala (laki-laki).


Sebelum dimulai tawaf, membuat sedikit perubahan di bagian atas ihram. Menutupi bahu kiri dengan salah satu ujung ihram dan lurus sampai ujung bawah lengan kanan, sehingga  lengan kanan dan bahu terbuka dan menutupi bahu kiri. Ini disebut idtiba. Sekarang membaca Talbiyah, lanjutkan ke hajar aswad, (batu hitam) yang di sudut Ka'bah yang paling dekat dengan pintu Ka'bah. Berjalan dari sebuah garis cokelat dari hajar aswad sampai akhir mataf yang (mataf adalah daerah terbuka untuk tawaf). Hal ini mudah terlihat sebagai mataf adalah marmer putih. Di atas garis di dinding di tepi mataf adalah lampu hijau yang langsung sejajar dengan hajar aswad. Titik awal tawaf Anda pada jalur ini, sedekat mungkin dengan hajar aswad.  Sebelum memulai tawaf, berdiri menghadap Ka'bah dengan garis kecoklatan di kanan Anda. Setelah itu, dilanjutkan menuju hajar aswad dan menciumnya tanpa merugikan siapa pun. Jika banyak orang terdekat dan Anda tidak dapat mencium hajar aswad, Anda memiliki pilihan berikut:
Letakkan kedua tangan atau tangan kanan pada hajar aswad dan mencium sisi dalam dari telapak kedua tangan, atau sambil berdiri di garis coklat, meregangkan lengan Anda dengan telapak tangan menghadap hajaraswad dan kemudian mencium telapak tangan Anda (sebagai pengganti). Mencium batu itu sunnah tapi tidak menyebabkan ketidaknyamanan dan cedera pada orang lain.

Mulailah tawaf Anda, untuk laki-laki tiga putaran pertama dilakukan dengan langkah cepat. Empat putaran terakhir dengan kecepatan berjalan normal.  Setiap kali anda mencapai hajar aswad, jika memungkinkan untuk dicium, jika tidak sambil berdiri di cokelat garis mengangkat tangan kanan Anda dengan telapak menghadap hajar aswad.
Bacalah: Bismillahi ALLAHU AKBAR-dan mencium telapak tangan. Lengkapi tujuh putaran Anda dengan cara ini.
Dua di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad
Ini adalah doa yang dibaca ketika tawaf oleh Rasulullah (SAW)
“Robbana aatina fid dunya hasanah, wa fil aakhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar” (Ya Rabb kami, karuniakanlah pada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta selamatkanlah kami dari siksa neraka).
Tawaf Anda akan selesai setelah tujuh putaran, yang demikian sesuai dengan tata cara umroh sesuai sunnah.

Pergi ke multazim (area antara pintu Ka'bah dan hajar aswad) dan ber doa dengan hati Anda keinginan mencari karunia dan rahmat Allah. Setelah itu, jika tidak waktu makruh untuk shalat, pergi di belakang ibrahim maqam. Jika tidak ada ruang di belakang ibrahim maqam maka tempat lain di haram akan cukup. Menutupi kedua bahu dan melakukan 2 rakaat shalat dengan membaca surah Al kafiroon dan ikhlas. Berikutnya ke bawah ke sumur zam-zam untuk minum air zam-zam dan menyirami kepala anda. Sebelum minum ucapkan: "bismillah" dan setelah minum "alhamdulillah". Berdoalah juga dekat sumur zam-zam.

Sa’i (Safa Marwah)
Berdiri di Gunung Safa (bukit berbatu, sebagian dari yang telah dimasukkan dalam gedung ini), menghadapi Ka'bah, membuat doa kemudian membaca:
La ilaha illalah dan Allahu akbar dan kemudian membaca durood sharif (lembut).
Turun dari lereng dan melanjutkan ke arah Marwah tinggal ke sisi kanan dari daerah. Sekitar 230 kaki (70 meter) dari Safa dua set lampu neon hijau menunjukkan akhdarain milain. Laki-laki berlari kecil dengan cepat antara lampu ini, jarak sekitar 160 kaki (50 meter). Hal ini sunnah untuk berlari kecil dan memperbanyak doa.
Pada mencapai marwah, mendaki lereng, menghadapi Ka'bah dan melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan di Safa. Satu putaran sekarang telah selesai. Dimulainya Anda kembali ke Safa. Pada mencapai istirahat lampu hijau keluar dengan lari kecil lebih lambat lagi sampai Anda mencapai lampu hijau lainnya. Pada mencapai Safa, prosedur yang sama dari membaca doa. Putaran kedua sekarang telah selesai. Dengan cara ini selesai tujuh putaran berakhir di Marwah.

Setelah menyelesaikan tujuh putaran, kembali ke daerah mataf dari haram (yaitu daerah terbuka di sekitar Ka'bah) dan pergi ke tukang cukur dan mencukur seluruh rambut  kepala  (hanya laki-laki) dan untuk  wanita cukup memotong hanya ujung rambut sepanjang ruas jari (kira-kira: 1 inci atau 2,5 cm).

Demikianlah Tata cara pelaksanaan umroh secara singkat, bila ingin mendapatkan informasi mengenai tata cara umroh secara lengkap dan mengetahui  Info Biaya Umroh paket yang tersedia, bisa menghubungi biro travel khazzanah tour.

Afiliasi Tata Cara Pelaksanaan Umroh Secara Singkat


Travel Umroh dan Haji
Back To Top